Rising Demand for Room Fresheners as a Mood-Lifting Strategy

Seperti namanya, pengharum ruangan mulanya diciptakan agar ruangan menjadi harum. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman dan perilaku konsumen yang terus berubah, apakah kegunaan pengharum ruangan hanya sebatas itu saja?

Pencarian pengharum ruangan: bukan sekadar wewangian, tapi menjadi ciri khas suatu merek

Temuan-temuan tersebut memberikan sebuah penjelasan ilmiah mengenai pergeseran perilaku konsumen dalam memilih pengharum ruangan. Jika sebelumnya pilihan konsumen masih sebatas, “Ini enak, dan itu kurang enak untuk ruangan saya,” kini konsumen sudah mulai memahami alasan mengapa ada wangi yang mereka sukai dan tidak.
Konsumen paham bahwa aroma tertentu bisa membuat mood mereka membaik, membangkitkan memori tertentu, hingga menimbulkan kesan tertentu—seperti kesan bersih atau bersemangat. Bagi produsen, ini merupakan sebuah pemicu untuk mulai mengubah formula untuk mendapatkan racikan pengharum ruangan yang khas karena wangi saja tidak lagi cukup.

Peran aromaterapi terhadap psikologis manusia

Di Givaudan, kami melihat adanya koneksi wewangian aromaterapi dengan kombinasi sempurna antara seni dan sains. Penggunaan aromaterapi menawarkan solusi perawatan kesehatan yang holistik, menyeimbangkan pikiran, tubuh, sekaligus jiwa.
Aroma dan psikologis manusia memang berhubungan erat. Aroma akan memicu reseptor penciuman yang kemudian merangsang pusat emosi otak.

Buat pengharum ruangan berkelanjutan bersama Givaudan

Givaudan memiliki tim riset ahli yang dibentuk untuk mengikuti dengan cermat perubahan gaya hidup dan preferensi konsumen melalui studi berkelanjutan—dengan Indonesia sebagai salah satu negara fokus—untuk menciptakan pengharum ruangan yang tidak sekadar wangi, tapi juga mampu menaikkan mood.


- Menaikkan mood dan meredakan kecemasan

Beberapa penelitian Givaudan menemukan bahwa penggunaan pengharum ruangan merupakan salah satu cara menaikkan mood yang efektif. Hal ini sejalan dengan penelitian ilmiah yang telah kami lakukan selama lebih dari 35 tahun dalam mengembangkan MoodScentz™+.


- 75% emosi yang kita rasakan setiap hari dipicu oleh indera penciuman

Di Givaudan kami terus berinovasi dengan teknologi yang dikembangkan dari emosi manusia (MoodScentz™+ dan VivaScentz™), teknologi yang meningkatkan kualitas tidur (DreamScentz™), hingga teknologi yang terinspirasi dari alam (Phytogaia™ dan Thalassogaia™).


Givaudan menawarkan bahan-bahan berkualitas yang diperoleh secara ethical, menghadirkan wewangian yang lebih sustainable. Menggunakan bahan-bahan alami yang tingkat permintaannya begitu tinggi saat ini, Givaudan menghadirkannya dengan tetap memperhatikan kelestarian alam serta kesejahteraan para pekerja. Givaudan terus berupaya untuk meminimalkan jejak karbon dalam proses pengembangan molekul wewangian.

Dapat dipahami bahwa kini selera konsumen terhadap pengharum tidak sekadar pada produk yang wangi saja, mereka cenderung mencari produk yang dapat menghadirkan nuansa tertentu dan bahkan sebagai cara menaikkan mood mereka.

Let’s create a unique fragrance for your product!