Tren Penggunaan Bahan Alami dalam Produk Pembersih Rumah

Penggunaan bahan alami pada produk pembersih rumah kini menjadi alternatif yang dicari oleh konsumen. Dengan semakin mudahnya akses menuju informasi, konsumen kini dapat mengetahui kandungan produk yang mereka gunakan sehari-hari. Hal ini mendorong konsumen untuk mencari produk terbaik yang paling aman. Natural product yang mengandung bahan alami pun kemudian menjadi pilihan konsumen.

Kembali pada pilihan yang sudah dikenal

Laporan dari Strait Research menunjukkan bahwa tren penggunaan bahan alami pada produk pembersih rumah sebenarnya terjadi dalam skala global. Pada tahun 2021 lalu, market size pasar produk pembersih alami ada di angka US$5,05 miliar. Dengan tingkat CAGR (compounded annual growth rate) sekitar 11,28% per tahunnya, diprediksi pasar ini akan mencapai nilai US$13,21 pada tahun 2030 nanti.
Pandemi sedikit banyak telah mengubah preferensi konsumen. Kebijakan social distancing dan anjuran untuk work from home menemukan kenyamanan terbaik di dalam rumah. Tidak sekadar menjadi tempat tinggal, rumah juga menjadi tempat aman, suatu hal yang dianggap privat, untuk bersantai dan melepas lelah. Maka, kemudian tak mengherankan jika konsumen mulai kembali pada bahan-bahan induksi alami, produk pembersih dengan bahan-bahan yang familier bagi mereka.

Meningkatnya kesadaran akan produk alami

Naiknya penggunaan natural product untuk menjaga kebersihan rumah tentu tidak terjadi begitu saja. Salah satu alasan kuat di balik pergeseran ini adalah mudahnya akses menuju informasi seputar produk. Jika dahulu konsumen hanya bisa mengakses kandungan produk melalui label yang tercantum pada produk, kini mereka dapat mengetahui fungsi dan bahkan dampak dari setiap kandungan yang ada.
Dari situ, mereka bisa tahu mana kandungan yang aman dan mana kandungan yang berbahaya untuk kesehatan. Kebanyakan kemudian akan meninggalkan produk yang memiliki kandungan bahan kimia tinggi untuk melindungi kesehatan keluarga. Ada juga yang menyadari bahwa ternyata produk yang digunakan sebelumnya ternyata bisa memicu reaksi alergi.
Selain alasan kesehatan, pergeseran ke bahan alami pun didorong oleh perubahan gaya hidup. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang menerapkan gaya hidup sustainable yang ramah lingkungan. Produk pembersih rumah dengan bahan kimia konsentrasi tinggi dikhawatirkan dapat menimbulkan limbah rumah tangga yang merusak lingkungan sehingga ditinggalkan.

Mengembangkan produk pembersih rumah yang ciptakan rasa nyaman

Perkembangan zaman tidak hanya membantu konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai kandungan produk pembersih rumah, tapi juga mendorong mereka untuk beralih pada alternatif yang lebih sehat dan tidak membahayakan keamanan seluruh anggota keluarga. Hal ini juga kemudian memicu produsen menemukan bahan baku berkualitas untuk mengembangkan produk yang lebih aman.
Givaudan memiliki misi untuk menciptakan inovasi produk home care yang tidak sekadar wangi, tapi juga memberikan manfaat bagi konsumen, termasuk manfaat perlindungan kesehatan. Penelitian kami menunjukkan bahwa konsumen mengharapkan produk kebersihan yang bekerja dengan efektif, aman digunakan, tapi juga menghadirkan manfaat sensorik (penglihatan, penciuman, sentuhan) dan rasa aman.
Melalui platform SaniScent™, kami membantu merk anda or membantu anda menjawab kebutuhan tersebut, sambil tetap mempertahankan misi Givaudan untuk menciptakan kehidupan yang lebih bahagia dan sehat.

Ciptakan wangi ikonik untuk produk Anda sekarang!