Alasan lainnya adalah karena wangi yang ditawarkan pun lebih bold dan berani. Sudah banyak brand lokal yang tak ragu untuk keluar dari “zona nyaman” mereka dengan menawarkan wewangian yang tak biasa.
Mereka hadir dengan brand story yang dekat dengan audiensnya. Bahkan, tak jarang, brand lokal juga melibatkan konsumen dalam product campaign, sehingga menciptakan perasaan memiliki (sense of belonging) yang kuat, membuat konsumen merasa dekat dengan brand dan produknya.
Bukan hanya konsumennya, popularitas parfum lokal pun didukung oleh transformasi pasar. Pertumbuhan pesat e-commerce membantu produsen parfum untuk memasarkan produk mereka secara langsung. Di Indonesia sendiri, nilai ekonomi e-commerce mencapai US$59 miliar atau sekitar 76,62% dari total nilai ekonomi digital (US$77 miliar) tahun 2022.
Bukan hanya itu, Indonesia pun memiliki kekayaan bahan baku yang bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan parfum lokal tahan lama berkualitas. Salah satunya adalah patchouli atau atsiri. Indonesia merupakan negara penghasil patchouli terbesar di dunia. Mengimplementasikan responsible sourcing melalui Sourcing4Good, Givaudan mendukung kolaborasi antara pemasok, pelanggan, dan mitra usaha, memberikan visibilitas dan peluang untuk kemitraan yang lebih luas bagi brand.
Industri parfum lokal Indonesia memiliki potensi pengembangan yang begitu besar. Bukan hanya dari aspek pasar dan konsumennya saja, tapi juga dari aspek bahan baku. Sebagai negara tropis yang kaya akan sumber daya alam, Indonesia dikelilingi oleh bahan baku berkualitas seperti patchouli. Givaudan menyadari potensi tersebut dan siap membantu produsen parfum Indonesia untuk memanfaatkannya secara optimal.
Berbekal pengalaman dalam mengembangkan teknologi wewangian di Indonesia dan Asia Tenggara, Givaudan memberikan wangi parfum yang sesuai untuk brand parfum Anda dan konsumen di Indonesia. Memadukan inovasi dan teknologi dalam dunia parfum merupakan keahlian kami. Givaudan terus meneliti peluang baru untuk menghadirkan inovasi wewangian yang tidak hanya menginspirasi konsumen, tapi juga memberikan ciri khas bagi brand Anda.